Amaliah Ahlus Sunnah Wal Jamaah di Bulan Ramadlan

Amaliah Ahlus Sunnah Wal Jamaah di Bulan Ramadlan

Ramadlan LM ::: Amaliah Ahlus Sunnah Wal Jamaah di Bulan Ramadlan
Amaliah di Bulan Ramadlan itu ada banyak yang biasa dilakukan oleh Ummat Islam (Kaum Muslimin dan Muslimat) walau pun masalah hukumnya masih dibagi ada yang wajib dan ada juga yang sunnah dan ada sunnah yang bermakna secara al-hadits dan ada juga secara fiqih dimaksudkan kepada makna disukai atau baik saja. diantaranya yang wajib ialah puasa sebulan penuh di Bulan Ramadlan.

Puasa penuh sebulan pada Bulan Ramadlan hukumnya wajib dan masuk kepada tawqifi dan mahdlah jadi tidak akan ikhtilaf dan tidak akan pernah berubah kedudukan hukumnya.

Ada juga amaliah yang sunnah muthlaq seperti contoh shalat tarawih.
Sedangkan mengenai jumlah ada kelompok yang mempertentangkan dan yang terlalu ekstrim jelas bukan gaya dan paham Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

Begitu pula dengan membaca Al-Qur'an atau mengkhatamkan Al-Qur'an itu masih termasuk sunnah muthlaq namun mengenai jumlahnya masih juga diperselisihkan sama seperti hitungannya shalat tarawih.

Baca juga:
Definisi Ahlus Sunnah Wal Jamaah Versi Ramadlan LM
Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Secara Umum Versi Bulan Ramadlan
Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah (ASWAJA)

Jika di indonesia biasanya yang paling banyak diperselisihkan atau selalu ada ikhtilaf ialah penentuan awal dan akhir Ramadlan. seingat saya hal ini selalu saja mewarnai menjelang Ramadlan dan akhir bulan ramadlan, dan dalil dalil mereka sama sama kuat jika menurut pendapat saya pribadi. dan selama mereka masih bisa menjaga adab yang baik dan kerukunan menurut saya tidak keluar dari Akhlak Paham Ahlus Sunnah Wal Jamaah, begitu juga dalam menanggapi perselisihan yang lain baik di Bulan Ramadlan mau pun di luar Bulan Ramadlan.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►